Minggu, 19 April 2009

Singapore with Children

Hai...kali ini saya ingin berbagi dengan Anda yang hendak berjalan-jalan ke Singapore dengan mengajak anak-anak. Semoga bermanfaat ya....

Berpergian dengan anak-anak memang merepotkan...apalagi jika si anak masih kecil (kurang dari 5 th) dengan berbagai macam kebiasaan yang kadang sulit. Tapi gpp, berikut ini saran saya untuk Anda yang berlibur bersama anak-anak.

Jika liburan ini adalah liburan pertama Anda ke Singapore dengan mengajak serta anak-anak Anda maka saya sarankan Anda membaca terlebih dahulu artikel saya: Singapore for The First Time. Artikel ini dapat menjadi sumber ide untuk Anda menyusun itinerary dan selanjutnya Anda hanya tinggal mengurangi beberapa kegiatan saja dan menyesuaikannya dengan kondisi anak-anak Anda.

Satu hal yang menurut saya Anda wajib lakukan adalah menggunakan public transport selama Anda di Singapore, selain murah dan nyaman ternyata anak-anak sangat menikmati perjalanan dengan menggunakan public transport ini (anak-anak saya yang berumur 4-7 th sangat senang karena sehari-hari di Indonesia biasanya naik mobil, dan semoga anak-anak Anda juga!).

Pertama jika anak Anda sudah berumur 6 th atau lebih suruhlah ia membeli kartu EZ Link-nya sendiri dan ajarkan cara menggunakannya ketika hendak masuk/keluar dari platform station. Bahkan Anak-anak yang lebih kecil pun sangat antusias untuk melakukannya. Pengalaman ini yang tidak pernah mereka dapat kan di Indonesia paling tidak sampai 2016 ketika rencananya MRT Jakarta mulai beroperasi.

Kedua, susunlah acara sesantai mungkin dan flexible-lah dengan susunan acara tersebut. Jangan terlalu memaksakan diri hendak "melihat semua" karena toh Anda dapat datang kembali lagi di lain waktu (I do believe you'll be back, coz there's always something new in Singapore :D).

Ketiga, mintalah anak-anak membawa ranselnya sendiri dan Anda dapat mengisinya dengan pakaian ganti, botol air dan snack. Jangan lupa untuk membawa hand sanitizers dan juga tissue basah. Ingatkan anak-anak Anda untuk tidak makan dan minum disembarang tempat, terutama di dalam bus atau MRT dan bawalah kantong plastik untuk tempat sampah Anda. Beritahu anak-anak mengenai peraturan dan denda yang diterapkan di Singapura (sedikit pelajaran mengenai kebersihan dan ketertiban bisa Anda sisipkan dalam perjalanan ini bukan?), seperti naik-turun bus di halte, mengantri ketika hendak membeli sesuatu, menyebrang di tempat yang telah disediakan.

Akhirnya bawalah selalu payung karena sangat berguna baik ketika cuaca panas maupun hujan. Ketika Anda mengunjungi Singapura di musim panas, lengkapi lah diri anda dengan lotion dan kaca mata hitam, sangat membantu ketika Anda harus berjalan di tengah terik matahari.

Semoga perjalanan bersama anak-anak Anda menyenangkan!

5 komentar:

  1. HELEN...
    aku mo ke sing jul 13-jul17 2010
    bisa di bantu untuk penginapan di lucky plaza...
    terimakasih..
    ku tunggu feedback dari mu, ke email:
    shintasyam@gmail.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. dear helen,
    saya, suami dan anak2(8&5) juga org tua saya (2) rcn akan mengunjungi sin tgl.22-24 mei 2010,bs bantu utk mencarikan dan booking apt.di Lucky Plaza kann??..
    saya tg kbr secepatnya ya? emailku : yopi0203@yahoo.com
    thx b4 ya helen...

    BalasHapus
  4. Helen, tanggal 27 Feb - 1 Mar 2010 saya mau ke spore.mau booking apt duooong utk 3 orang dewasa dan 2 orang anak-anak...tolong bantuannya yaa..or email ke winda_bonavita@yahoo.com

    Makasiiiihhh...

    BalasHapus
  5. tanggal 21-24 mei saga mau ke singapore. mau booking apart buat 6 org dewasa dan 1 bayi....kalau bisa kamar mandi dalam karena ada baby...ditunggu responnya ya....email ke pinkant13@gmail.com dan marfloe@gmail.com......

    makasi ya..... :)

    BalasHapus